Linux Memang Beda !

Linux Memang Beda !

linuxMinggu pagi yang kunantikan akhirnya sudah tiba.Seperti hari-hari minggu biasanya,aku pergi ke Warnet untuk sekedar mengecek facebook,twitter,e-mail atau untuk sekedar browsing info-info terbaru.Setiba di warnet,ada yang beda dari tampilan komputer tersebut! Ternyata di komputer tersebut memakai sistem operasi Linux yang masih belum terlalu familiar buatku.Memang agak terlalu susah juga pemakaian nya.Aplikasi di linux tampilannya juga hampir sama dengan windows,hanya namanya saja yang beda.Jika program pengolah kata di windows bernama Microsoft Word (Ms Word),kalau di linux bernama Open Office.

Besok harinya aku bertemu dengan linux lagi.Karena di laptop kakakku juga memakai program linux,versi Ubuntu.

Setelah menggunakan Ubuntu selama hampr 1 minggu.Aku akhirnya menyadari bahwa sistem operasi ini bisa merugikan penggunanya secara langsung,seperti:

Aku jadi tidak mengenal “Virus”.

Jika ada teman-temanku yang menanyakan tentang jenis-jenis virus.Terus terang aku bingung,karena di Ubuntu virus jarang menyusup.Dulu aku suka mencari informasi tentang perkembangan virus tapi sekarang sudah tidak lagi.Atau mungkin sudah tersusupi,namun apa aku?saja yang tidak sadar! Karena virusnya tidak melakukan apa pun di Ubuntu.

Pada saat aku pertamakali memakai linux ada beberapa hal yang membuat aku sedikit sebal,yaitu :

1.Susah membuka USB,CD Rom

2.Butuh akses internet. (Karena install apa-apa harus dari internet )

3.Tidak ada drive C, D, E dll.

Tapi dibalik kerugian pasti ada keuntunganya.Di Linux juga ada lah…!Yaitu:

1.Seperti yang aku tulis di atas tadi.Bahwa linux aman dari virus.

2.Linux bisa digunakan dengan cuma-cuma alias.Software Linux gratis,maka filenya dapat di bagi-bagi dengan orang lain.

3.Tidak memerlukan perangkat keras yang mahal

4.Multiuser

Pada saat disekolah aku bertemu lagi denga Linux.Tapi dengan versi yang berbeda yaitu versi Edubuntu.Di Edubuntu terasa lebih menyenangkan karena lebih menyangkut pendidikan.Gamesnya juga lebih edukatif.Jadi kita tidak akan mudah bosan bermain bames di Edubuntu.

Dan dapat disimpulkan bahwa sistem operasi Linux memang “Beda”

Tulisan ini dibuat untuk menyukseskan Lomba Blog Open Source P2I-LIPI dan Seminar Open Source P2I-LIPI 2009.

Tinggalkan Balasan

